Aku dan 2 tahun yang lalu

Hi guys, sudah cukup lama nih ternyata saya tidak menulis di blog pribadi saya yang penuh dengan warna warni ini, hehehe gak sengaja lihat kalender hari ini … yup ternyata hari ini adalah awal bulan … masuk tanggal 1 November 2013. Sepintas memang tidak ada yang spesial dengan tanggal 1 November dalam hidup saya, saya lahir juni dan kebetulan saya juga gak punya pacar jadi ga perlu inget inget hari ulang tahun pacar… hahaha .. I know that is not important … balik lagi ke tanggal 1 November, ternyata di tanggal 1 November 2 tahun yang lalu alias 1 November 2011 saya memulai karir di bidang Programming.

yup … teringat dulu waktu mau lulus kuliah, sempet berpikir dan takut tidak dapat terserap di dunia kerja … sampe saya dapet motivasi dari guru saya yang pernah mengatakan “Harakah … Barakah … (Bergerak ,,, Nanti akan ada keberkahan)”. Berangkat dari situ saya coba untuk jualan kaos bertemakan IT bersama teman saya. Dan gak berjalan lama setelah itu bisnis kaos itu berhenti karena kami sama sama bekerja dengan tempat yang berjauhan. Yang paling saya ingat dari masa masa akhir di kampus itu adalah ketika ada jeda waktu yang cukup panjang selepas tugas akhir sampai dengan wisuda. Setiap hari saya datang ke kampus dengan laptop saya yang lama (hehehe yang kemarin baru rusak) dengan menumpang koneksi wi – fi kampus .. saya coba apply sebanyak banyaknya lowongan kerja yang berkaitan dengan jurusan IT.Sampe saya sendiri lupa sudah berapa kali mengirim surat lamaran kerja.

Finally saya mendapat panggilan di PT. Axis Global Integrasi, posisi yang saya lamar adalah J2EE Programmer. jujur dari interview itu saya sama sekali tidak yakin akan diterima, karena dari semua soal yang diberikan kepada saya dari mulai program bilangan fibonachi, bilangan prima, query tidak ada yang bisa saya selesaikan dengan baik. Sampai pada perjalanan pulang kalideres – bekasi dalam hati saya berkata “udah lah ga usah ngarep, yang penting tau kalo test programmer kaya gitu “. Tetapi di luar dugaan ternyata saya lolos pada interview tahap ke 2 .. dan singkat cerita saya di terima di kantor tersebut dalam keadaan fresh graduate …. yah jujur saya berterima kasih dengan kantor pertama saya ini, karena memberikan kepercayaan seorang fresh graduate seperti saya ini yang belum tau apa apa tentang Java dan sering kali menjadi bug maker di antara programmer lain. Banyak hal yang saya¬† dapatkan di kantor pertama ini, kalau teringat masa masa itu ingin rasanya kembali lagi ke masa masa itu. Sayangnya perjalanan karir saya tidak lama di kantor ini, hanya sekitar 8 – 9 bulan saja. Saya bekerja kantor ini dari tanggal 1 November 2011 – 30 Juni 2012.

Kantor kedua saya adalah PT. Chemco Prima Mandiri, masih dalam lokasi yang berdekatan dengan kantor pertama dan masih bernaung dalam group perusahaan yang sama. Saya mulai bekerja di kantor yang kedua ini tanggal 1 Juli 2012. Di tempat ini selain saya menjadi programmer, saya juga merangkap menjadi IT Support karena pada saat itu ada teman saya yang awal nya menjadi IT support kemudian resign setelah lebaran (heheh mudik gak balik lagi). Jujur walaupun saya pada saat develop program hanya berdua dengan atasan saya, tapi saya merasakan skill programming saya benar benar terasah disini. Pada saat itu saya mengerjakan project aplikasi retail, walaupun tidak besar dan module nya tidak sebanyak ERP tetapi pada project ini sudah menggunakan teknologi yang baru. Ya keuntungan lain ketika kita mendevelop program untuk internal perusahaan (end user) dengan software house jelas, kalau di end_user misalkan telat telat sedikit masih tidak menjadi masalah. Dan disini kita punya waktu yang cukup luang untuk meng eksplore teknologi teknologi baru. Sehingga walaupun dari sisi pengerjaan memakan waktu lebih lama, tapi kita bisa lakukan optimasi di dalam pembuatan program tersebut. Wah .. kalau ingat masa masa kerja disini … saya bisa berkata ini adalah zona aman saya. Tapi sayangnya saya pun tidak lama bekerja disini hanya sampai 29 Maret 2013.

Dan kantor ketiga saya adalah PT. XYBASE Indonesia, saya mulai bekerja disini tanggal 1 April 2013 dan sampai dengan saat ini alhamdulillah masih merasa betah (kerasan) disini. Jujur saya sempat kaget pada saat bekerja di hari pertama di kantor saya ini, karena pada saat melamar saya melamar pada posisi Java Developer (programmer biasa), tapi pada saat masuk kantor ternyata saya di daulat untuk menjadi Team Leader Java Developer hehehe asik nih naek jabatan …. awalnya saya ragu karena saya belum punya pengalaman yang cukup lama .. lah wong pengalaman saya baru 1,5 tahun di programming sudah menjadi team leader .. waduh .. heheh tapi ya semua harus di coba dulu .. jangan mundur sebelum berperang … di awal awal .. agak bingung sih .. karena yang biasanya kita cuma ngoding biasa .. sekarang harus meriksa in kerjaan orang .. kemudian merging code ke beberapa server repository yang ada .. heheh bener bener pengalaman baru nih … ya saya coba jalani … masa masa sulit itu akhirnya berlalu .. dan perlahan saya sudah mulai bisa membaca tugas dan tanggung jawab seorang team leader itu seperti apa. .. walaupun saya yakin masih sangat banyak kekurangan disana sini.

Ya begitulah kurang lebih ringkasan perjalanan karir saya selama 2 tahun ini. dan ada satu benda yang sampai dengan saat ini masih setia menemani perjalanan karir saya, yaitu ikat pinggang yang saat ini saya gunakan setiap hari untuk kerja. Ikat pinggang itu di beli di dalam bus mayasari bhakti jurusan kalideres¬† – bekasi dengan harga Rp. 10.000 menggunakan uang abah saya. Ikat pinggang itu di beli dalam perjalanan pulang setelah mencari kos kosan di tangerang pada saat saya mau masuk kerja di kantor yang pertama. Ikat pinggang itu dengan setia menemani perjalanan karir saya selama 2 tahun ini, dan saya berjanji kalau ikat pinggang itu masih bisa di pakai, saya tidak akan mengganti nya.. dia akan terus menemani perjalanan karir saya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>