Object Oriented Database

Waktu itu iseng lagi kuliah di kemang ternyata dosennya ga dateng….. wal hasil ane ke kalimalang aja deh… sambil cari referensi pemrograman biar tambah greng……… eh di perpustakaan nemu buku bagus judulnya kurang lebih.. ” membangun software object oriented dengan java dan data object“… gitulah judulnya… karangan john irwanto katanya sih doi dosen binus…..

setelah di baca – baca di rumah awalnya ane kurang paham tentang bahasan di buku tersebut…. lama – kelamaan paham juga…… berikut kesimpulan kurang lebih nya…

kalo kita lihat sejarah bahasa pemrograman …. bahasa pemrograman berkembang dari mulai

1. low level language (bahasa tingkat rendah)

alias bahasa mesin yang kata dosen ane disebut juga dengan istilah bahasa assembler …. wah ini mah ane belum lahir kali ye….

2. middle level language (bahasa tingkat menengah)

nah kalo bahasa ini udah lumayan agak cerdas, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia(menurut wikipedia.org)

3. high level language (bahasa tingkat tinggi)

nah bahasa ini sudah menggunakan bahasa manusia sebagai sintaknya walaupun masih terdapat simbol – simbol seperti {}, [] dsb….

nah pada bahasa tingkat tinggi ini, terbagi menjadi dua bagian… yang pertama adalah bahasa pemrograman terstruktur…. contoh nya ya… bahasa c. bahasa pemrograman ini sempat menjadi tren di dunia pemrograman… namun pada akhir tahun 1980 an paradigma pemrograman berubah …. muncullah istilah pemrograman berbasis objek… yang kita kenal dengan istilah Object Oriented Programming……

dengan OOP ini pemrograman menjadi lebih kompleks…. dan pada tahun 1990an dikenalkan lah bahasa pemrograman baru yakni JAVA…. saat ini java menjadi tren pemrograman yang banyak diminati oleh mahasiswa… maupun programmer mahir.. karena keunggulannya…..

dan tak mau ketinggalan microsoft ¬†pun merealease pemrograman .Net yang ditujukan untuk menandingin java….. heheheh perdebatan antara JAVA dan .NET seru banget tuh.. liat aja thread2 nya di kaskus.us…..

wal hasil java adalah pemrograman berbayis objek……

nah sekarang perkembangan generasi database…

1. database hirarki

suwer ane juga ga paham betul maksudnya .. cari di google aja ya…

2. database relasional

nah.. database relasional ini lah yang sampai saat ini masih di pakai… sebagian besar orang.dalam membangun software………. contoh dari database relasional yaitu;.. Micorsoft SQL server, mysql, dsb…..

database relasional disingkat RDBMS direpresentasikan dengan menggunakan kolom dan baris…… nah kolom itu disebut field baris disebut record//(pasti udah paham deh)

kemudian timbul masalah…..

KALO PEMROGRAMANNYA SUDAH OOP MENGAPA DATABASE YANG DIPAKAI MASIH RELASIONAL…?????

pemikiran inilah yang berkembang saat ini perlu ada teknologi yang seimbang dari aplikasi yang dibuat dan database yang dipergunakan……

untuk itu dikenallah istilah OODBMS (object oriented database management system).

salah satu contoh software nya adalah DB4O yang bisa di unduh gratis di websitenya http://db40.com

nah .. lebih mendetilnya download nih pdf dari dosen ane… bu lintang….

disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>