Review Buku Business Model Generation

Business-Model-Generation-Cover-Book

Di pagi hari yang cerah ini dari kamar kos saya di bilangan Tebet Jakarta Selatan saya ingin menulis ulasan mengenai buku yang telah saya baca. Buku ini saya beli sekitar 3 bulan lalu, dari bentuk fisik nya saja sudah terlihat agak beda sendiri. Pada umumnya buku di cetak dalam bentuk potrait, tapi buku ini di cetak dalam bentuk landscape, jadi kalau diletakkan di rak buku akan terlihat bedanya. 

Ngomongin apa sih buku ini ? 

Gampang nya ngomong buku ini berbicara tentang strategi di dalam membangun bisnis, mulai dari perencanaan, implementasi sampai dengan evaluasi. Buku ini mengenalkan tools yang digunakan oleh para pengembang bisnis modern di dalam membangun bisnis mereka. Buku ini juga mengenalkan sederetan model bisnis dari berbagai industri di seluruh dunia.

Secara sederhana model bisnis itu seperti kerangka di dalam membangun bisnis. Seorang yang membangun bisnis harus menentukan nilai (value) apa yang ingin ditawarkan kepada konsumen, bagaimana penyampaian produk atau jasa yang ditawarkan agar sampai kepada konsumen, dari mana dia mendapatkan aliran pendapatan, bagaimana produk dan jasa tersebut dia produksi atau kembangkan dan konsumen seperti apa yang menjadi target dari produk dan jasa yang ia buat.

Saya jadi ingat waktu sekolah SMK ada mata pelajaran kewirausahaan, salah satu bahasan dalam mata pelajaran tersebut adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Thread). SWOT adalah alat yang digunakan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pada usaha kita, serta menganalisis peluang dan ancaman yang terjadi. Nah dalam buku Business Model Generation ini juga tidak meninggalkan SWOT. Dalam salah satu bahasannya SWOT dinilai sebagai bentuk pemodelan usaha pada masa ini, sedangkan pemodelan usaha di masa depan buku ini memperkenalkan Kanvas Model Bisnis.

Apa aja sih yang dibahas di buku ini ? 

Seperti yang sudah saya mention dalam buku ini ada tools dalam membangun bisnis yang disebut Kanvas Model Bisnis. Kanvas model bisnis ini berbentuk diagram dimana pada diagram tersebut, seorang pelaku bisnis beserta team akan mencurahkan pikiran nya untuk menentukan strategi bisnis yang akan ditempuh. Strategi bisnis tersebut seperti :

a. Value apa yang ingin ditawarkan kepada konsumen

b. Kriteria konsumen atau pasar apa yang ingin dijangkau

c. Bagaimana menghubungkan nilai produk / jasa tersebut dengan konsumen

d. Bagaimana menjaga hubungan harmonis dengan konsumen

e. Darimana sumber pendapatan usaha tersebut akan dihasilkan

f. Biaya apa saja yang dikeluarkan dalam membangun usaha tersebut

g. Aktivitas apa saja yang dilakukan di dalam membuat produk atau jasa tersebut

h. Siapa saja orang – orang dibelakang produk atau jasa tersebut

i. Bagimana menjaga hubungan dengan supplier

Awalnya saya pikir cukup banyak juga ya, tapi setelah baca satu persatu pembahasan buku ini saya mulai memahami bahwa yang kaya gini memang harus dipikirin.

Buku ini juga memaparkan contoh kasus bagaimana revolusi model bisnis bisa merubah suatu industri. Contoh kasus ini diambil dari perusahaan besar dunia seperti Apple dengan produk Mac, iPhone, dan iTunes nya yang merajai pasar dunia. Begitu juga dengan Skype yang merubah bentuk komunikasi konvensional dari telephone menjadi Voice dan Video Call melalui internet. Dan juga bagaimana perusahaan jam tangan dunia Swatch berjuang puluhan tahun mempertahankan pangsa pasar yang dimiliki di seluruh dunia.

Dalam buku ini juga di jelaskan beberapa model usaha yang sekarang banyak dinikmati, seperti model usaha Free (gratis) total selamanya, Freemium (gratis untuk fitur dasar, berbayar untuk fitur lanjutan). Buku ini juga memberikan alternatif sumber pendapatan seperti dari iklan maupun subsidi silang pelanggan premium dengan yang free.

Pokoknya masih banyak lagi deh yang seru – seru di dalam buku ini, buku ini bener bener menambah wawasan banget terutama untuk orang – orang yang bener bener ingin merintis usaha secara serius.

Berapa Duit nih buku ? 

Lupa – lupa inget sih harganya, seingat saya waktu itu saya beli buku ini di tokobuku Paperclip Kokas harganya kalo gak salah inget sekitar Rp. 169.000. Lumayan mahal sih, tapi sekali lagi saya ingat kata kata Dr. Mahathir Mohammad “jangan berkira kalau nak beli buku”, hehehe. Ok guys segitu dulu review buku dari saya, mudah mudahan ada manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>