Tentang Seorang Programmer

Wel .. hitung punya hitung gak terasa saya sudah menjalani profesi sebagai programmer lebih dari 3 tahun. Beberapa orang ada yang sudah memberi gelar ‘Senior Developer’ ada juga yang memberi gelar ‘Senior Team Leader’ bahkan yang lebih kocak lagi ngasih¬†gelar ‘Calon Manager’ kepada saya, hehehe ya udah sebutan – sebutan itu gak ada yang negatif kan .. jadi aminin aja. Tapi sebetulnya menurut saya sebutan – sebutan itu gak terlalu penting buat saya, yang terpenting saya benar – benar mencintai pekerjaan ini. Kali ini pengen sedikit berbagi aja sih terutama untuk kamu yang baru lulus kuliah, punya cita – cita pengen jadi Programmer, atau lulus kuliah sih dari dulu .. cuma baru jadi programmer sekarang – sekarang ini. Ya ini sih cuma perspektif pribadi saya aja, tentang suatu pekerjaan yang terkadang terlihat begitu canggih di mata orang yakni PROGRAMMER

    • Kenali Dulu Dunia Programming Kaya Gimana

Untuk kamu yang masih kuliah terutama jurusan Informatika dan punya cita – cita pengen bekerja sesuai dengan bidang atau jurusan yang kamu tekunin, memang penting banget untuk mengenal dunia programming itu kaya gimana. Yang jelas menjadi seorang programmer itu ya mesti tau salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada. Untuk awal – awal saya sarankan untuk berkonsentrasi pada satu bahasa pemrograman terkenal (seperti Java, PHP, DotNet, dll) namun kamu benar – benar mempelajari sampai dalam. Misalkan kalo di Java itu kan ada materi yang namanya Java Fundamental, pembelajaran Java Fundamental berkisar antara pemahaman konsep OOP seperti Class, Polymorfis, Inheritance, Overriding, Overloading, Java Collections. Yang kaya gitu bisa jadi modal awal kamu untuk membuat Perusahaan percaya bahwa kamu bisa jadi Programmer.

    • Kamu Tau kan Dunia IT itu Harus Rajin Ngoprek dan Cepet Banget Expired ?

Actually kita tau kok dunia itu itu emang diperuntukkan untuk orang – orang yang doyan ngoprek … bahkan kalo kita mau jujur berapa persen sih materi perkuliahan yang kita dapet (tentang programming ya .. ) yang bisa kita implementasikan dalam membuat program.. ? kalo waktu jaman saya kuliah dulu sih cukup banyak dapet praktikum pemrograman, hampir semua bahasa pemrograman populer juga saya dapetin kok materinya. Tapi ya namanya juga kampus, yang kuliah disitu bukan kita doang, jumlah ruangan lab nya terbatas kan, wal hasil materi praktikumnya udah bisa di tebak .

  1. Pertemuan 1 : Cetak Layar (System.out.println …) dan pengenalan variabel … int a = 90;
  2. Pertemuan 2 : Looping dan Array …
  3. Pertemuan 3 : Koneksi Database …
  4. Pertemuan 4 : Ujian

Tapi bersyukur masih dapet praktikum hehehe … sisanya kalo mau pinter ya jangan mengandalkan dari kampus lah .. belajar sendiri kan .. nah begitu juga kalo kamu jadi Programmer. Ambil contoh kamu sudah fokus terhadap satu bahasa pemrograman .. let say Java … lebih spesifik lagi di tempat kamu kerja kamu develop Java Web (J2EE) .. nah teknologi – teknologi di J2EE itu sangat cepat berkembang … banyak sekali bermunculan framework – framework baru yang sangat powefull untuk kamu gunakan. Ya oke lah kamu gak harus menguasai semua framework itu, at least kamu tau bagaimana teknologi yang sekarang sedang booming diluar sana .. ketimbang kamu cuma menggunakan teknologi di kantor kamu.

Dan lagi guys … Inget … IT ini kan cepet expired ya .. sekarang kita belajar ini … besok ada teknologi yang lebih canggih .. jadi saran saya sih kamu spend time lah untuk mengenal teknologi – teknologi baru itu, kalo seandainya gak bisa setiap hari .. ya .. at least weekend lah .. kamu allocated waktu untuk ngoprek … walaupun status kamu sekarang udah jadi programmer sungguhan.

    • Programmer itu Ada di Level Teknis yah … Jadi Kamu Jangan Selamanya Jadi Programmer

Mungkin waktu kuliah kita mengira Programmer itu profesi yang hebat banget yah .. dengan rate gaji yang tinggi banget … ya .. asumsi itu gak salah kok guys .. gaji programmer emang tinggi … dengan syarat dan ketentuan berlaku .. Syaratnya apa ? Syaratnya skill kamu harus bagus, tingkat analisa kamu juga harus cermat, Program yang kamu buat hendaknya tidak mengandung Bug Program yang sangat menjengkelkan… Insya Allah gaji kamu juga tinggi ..

Tapi kalo skill kamu pas – pasan … terus kode program kamu kaa cocor bebek .. (berantakan banget),,, banyak Bug nya pula .. ya berarti kamu belum bisa dibilang berskill tinggi kan .. jadi nikmatin aja gaji kamu sekarang. Tapi anyway .. pada kenyataannya Programmer adalah sebuah profesi di level teknis. yup .. dia yang terjun langsung secara teknis di dalam pengembangan sebuah aplikasi. Oleh karena itu saran saya kamu juga harus punya target dengan karir kamu (kalo kamu pengen terus kerja sama orang) kalo kamu pengen punya usaha sendiri ya kamu harus buat produk sendiri.

Target kamu bisa dimulai dengan mengukur minat dan kemampuan kamu, kalo kamu minat ke arah manajerial .. maka saran saya ya kamu targetkan untuk jadi Project Manager bahkan Project Director. Tingkatannya gimana ? Biasanya bermula dari Programmer -> Team Leader -> Assistant Manager -> Project Manager

Nah kalo kamu gak minat dengan manajemen, mungkin kamu adalah tipikal orang yang seneng coding tapi pengen ada peningkatan karir.. saya saranin kamu untuk punya cita – cita menjadi Software Architect … pengertian software architect silahkan dicari aja ya di wikipedia … langkah untuk menjadi Software Architect bisa dengan terus belajar teknologi – teknologi baru .. dan yang gak kalah penting coba untuk mengambil sertifikasi seperti SCJP (Sun Certified Java Programmer) dan lain lain.

Nah yang lebih dahsyat lagi kalo kamu punya cita – cita untuk buka usaha software sendiri, gak pengen selamanya keahlian kamu ini digunakan orang lain. Kamu harus mulai mikirin untuk ngebuat produk sendiri .. bikin aja aplikasi yang sekiranya semua orang perlu .. kaya aplikasi Retail, General Ledger … Pokoknya yang kaya gitu lah . sambil kamu bikin produk .. sambil kamu curahkan pemikiran dan kemampuan kamu dalam mengcoding .. setelah produk jadi .. mulai deh jualin .. dan kalo udah stabil punya client lumayan banyak .. kamu gak perlu lagi jadi kuli coding …

Oke .. segitu dulu ya .. udah malem nih .. besok masih harus nguli lagi …. see you … Good Luck ya guys …

2 thoughts on “Tentang Seorang Programmer

    • Jadi gini dinata,

      namanya belajar programming emang perlu waktu dan kesabaran sih,
      sekedar sharing aja, saya memulai belajar java itu sekitar tahun 2009,
      waktu itu masih semester 3, itu bermodalkan buku java fundamental dari temen,
      belajar tiap malem dan sendirian karena teman2 saya dulu lebih banyak yang minat di PHP,

      waktu itu saya belajar Java Desktop (Swing) tapi pas kerja ternyata saya jadi programmer java web,
      walhasil saya pun harus belajar lagi, gak dari nol banget sih, at least kalo kamu
      sudah paham java fundamental (kaya konsep class, OOP, pewarisan, overriding, collection)
      itu udah modal awal yang bagus untuk ngelanjutin sebelum akhirnya kamu mutusin
      konsentrasi di teknologi java yang lebih spesifik,

      semangat terus belajar ya, oia one more,
      jangan panggil pak dong, ane belum merit … masih muda juga kok :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>