Majelis Ilmu Kami yang Sederhana

Pada tulisan kali ini saya ingin bercerita tentang kesibukan saya akhir – akhir ini setiap Ahad pagi. Setelah hampir 5 tahun lamanya di Musholla lingkungan kami tidak lagi mengadakan acara pengajian untuk remaja, Alhamdulillah pada hari Ahad 7 Agustus 2016 pengajian remaja di lingkungan kami resmi diadakan kembali. Kegiatan pengajian remaja di lingkungan kami sebenarnya sudah sejak lama diselenggarakan, sekitar tahun 2006 (10 years ago hehe ) saya sudah ikut aktif dalam kegiatan – kegiatan keagamaan di musholla. 

Pada saat itu usia saya 16 tahun dan masih duduk di bangku kelas 2 SMK, program kerja utama dari remaja musholla pada saat itu adalah mengadakan pengajian remaja yang terdiri dari Fiqih dan Tajwid. Seiring dengan berjalannya waktu satu persatu anggota majelis ta’lim kami terpisah, sebagian besar karena ada yang kerja di luar kota dan sebagian lainnya karena kesibukan (termasuk saya). Walhasil kegiatan remaja musholla vakum sekitar tahun 2011.

Pada Ramadhan 1437 H kemarin sempat terpikir untuk kembali menggelorakan dakwah di lingkungan kami khususnya untuk remaja. Dengan melihat keadaan sekarang teman – teman sudah banyak yang bekerja, maka kita buatlah group whatsapp untuk membicarakan gagasan ini. Dan Subhanallah ternyata response dari teman – teman yang lain pun sama, kita menginginkan kegiatan pengajian diadakan kembali. Dengan bersemangat kita buat deh waktu itu pertemuan sederhana untuk mematangkan gagasan tersebut. Kita putuskan materi pengajian nya adalah Fiqih dengan kitab Matan Ghayyah wa Taqrib (Syeikh Abu Syuja’).

matan_taqrib_fathul_qarib

Kitab Matan Taqrib

Acara pengajian diadakan setiap hari Ahad pukul 08.30 WIB dimulai dengan pembacaan dzikir wirdu-lathif, dan biasanya selesai sekitar jam 11.00 WIB. Seperti biasanya diawal – awal peserta pengajian cukup banyak, namun semakin lama semakin berkurang pesertanya hehehe. Tapi sebenarnya itu gak jadi masalah buat kita, namanya juga dakwah dimulai dari yang sedikit dan kecil, asalkan kita bisa istiqomah insya Allah akan diberikan kemanfaatan dari ilmu yang kita kaji.

Suasana Sebelum Pengajian

Suasana Sebelum Pengajian

Suasana pengajian pun dibuat senyaman mungkin, sambil diselingi dengan secangkir teh menambah suasana keakraban diantara para jamaah. Dan berikut ini adalah suasana selesai pengajian.

Demikian kesibukan saya di weekend ini, mudah – mudahan dengan tulisan ini dapat menginspirasi kita agar bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk hal –  hal yang positif dan bermanfaat, sesibuk apapun kegiatan kita sehari – hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>