Akuntansi untuk Orang Non-Akunting

Hi Guys, bermula dengan kesibukan saya beberapa bulan ini melanjutkan pendidikan pasca sarjana, dimana kuliah S2 mengharuskan kita sebagai mahasiswa untuk dapat beradaptasi dan belajar materi perkuliahan lebih cepat. Sejak sekitar beberapa bulan lalu saya masuk kepada matrikulasi, salah satu materi perkuliahan matrikulasi yang di berikan di MMSI Gunadarma adalah Dasar Akuntansi Finansial. 

Yup lagi – lagi akuntansi, salah satu ilmu yang jujur saya ngerasa menyesal banget dulu waktu D3 gak memandang ini penting, tapi ternyata setelah kerja saya sadar betapa pentingnya memiliki pengetahuan tentang akuntansi. Beranjak dari matikulasi mata kuliah tersebut, saya berinisiatif untuk membeli buku dasar akuntansi di luar, sebagai bahan bacaan selama perjalanan kereta sekaligus agar bisa mengurangi ketertinggalan saya dalam hal akuntansi ini.

Saya main ke toko buku Gunung Agung di Bekasi Cyber Park, sempat cari – cari beberapa buku yang punya judul lebih kurang mengandung arti “Dasar Akuntansi”. Pada akhirnya saya menemukan buku ini …. taraaaaa ….

buku-akuntansi-untuk-orang-non-akunting-cover

Oke, kita mulai review buku ini dulu ya, saya pikir ada beberapa aspek yang saya review.

1. Pengarang Buku

Pengarang buku Akuntansi untuk Orang Non-Akunting ini adalah Hery, S.E., M.Si, CRP., RSA., CFRM. Waduh udah kebayang sendiri deh tuh berapa gelar yang dimiliki sang pengarang buku ini. Di bagian belakang buku ada biodata penulis, disana dipaparkan latarbelakang pendidikan beliau dari Sarjana sampai dengan Doktoral. Selanjutnya juga memuat beberapa sertifikasi profesi yang dimilikinya, serta sederetan karier penulis dan publikasi ilmiah serta buku yang dikarang oleh beliau.

Pada intinya pengarang buku ini ada sosok akademisi sekaligus praktisi dalam bidang akuntansi, terbukti dari sederetan gelar yang dimiliki beliau tidak diragukan lagi kalau penulis buku ini adalah orang yang mumpuni dalam bidang akuntansi.

2. Penyajian

Menurut saya buku ini ditulis dengan konsep “Straight to the point”, umumnya dibagian awal terdapat macam – macam kata pengantar dan daftar isi. Hal demikian tidak berlaku dalam buku ini, dibagian awal hanya terdapat lembar copyright dan kata pengantar dari penulis, selepas itu langsung masuk kepada materi pembelajaran, jadi sekali lagi buku ini bukan buku yang bertele – tele.

Bagi saya buku ini sangat menarik dalam hal penyajian, karena dari awal buku ini sudah ditujukan untuk orang non-akunting, di bagian awal buku ini terdapat penjelasan singkat tentang istilah dasar yang sering dipakai dalam akuntansi seperti Persamaan Dasar Akuntansi, Asumsi Dasar Akuntansi, dsb. Namun dalam penjelasannya menggunakan bahasa yang tidak bertele – tele, sehingga pembaca awam akan langsung menangkap apa yang dimaksud dalam istilah – istilah tersebut.

Dan yang tidak kalah menarik dalam buku ini juga disajikan sebuah proses siklus akuntansi dari mulai proses analisa pemasukan dan pengeluaran ke dalam akun yang sesuai, sampai dengan pembuatan laporan keuangan lengkap dengan contoh kasus sederhana. Untuk setiap transaksi yang terdapat dalam jurnal, penulis buku ini juga memberikan penjelasan mengapa saldo tersebut masuk ke dalam kredit / debet. Jadi sangat cocok bagi pemula yang masih sulit membedakan mana yang masuk kepada kredit, mana yang masuk ke dalam debet.

3. Harga

Nah giliran harga nih sekarang, buku ini saya beli dengan harga Rp. 55.000 (inget inget lupa sih, soalnya belinya sama buku lain, dan kwitansi pembelian nya udah ilang, heheh). Dengan jumlah halaman 87 halaman, harga buku ini tergolong affordable lah untuk mahasiswa ataupun karyawan.

buku-akuntansi-untuk-orang-non-akunting-belakang

Demikian review buku ini, saya menghabiskan waktu sebulan setengah untuk menamatkan buku ini. Pada intinya buku ini sangat cocok untuk anda orang non akunting yang ingin belajar dasar akuntansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>