Eneagram Mengenal 9 Tipe Kepribadian Manusia dengan Lebih Asyik

Hi Guys, kebetulan dari hari Jumat kemarin saya ambil cuti sampai dengan besok. Jadi pada hari ini saya ingin menulis review buku di blog saya ini. Buku ini masuk dalam kategori Psikologi sebenarnya, walaupun saya adalah orang teknik, tapi gak tau kenapa saya selalu punya ketertarikan dengan bidang Psikologi. Dan buku yang ingin saya review kali ini pun tergolong mudah untuk dibaca oleh berbagai kalangan kok. 

buku_eneagram_cover_depan

Buku ini berjudul ” Eneagram – Mengenal 9 Tipe Kepribadian Manusia dengan Lebih Asyik ” ditulis oleh Renee Baron & Elizabeth Wagele. Versi buku asli nya berjudul “The Eneagram Made Easy” diterbitkan oleh Harper San Fransisco, New York tahun 1994. Jadi buku yang ada di tangan saya ini adalah buku yang sudah diterjemahkan oleh penerbit lokal Serambi.

Kalau anda ingin mencari versi ebook nya, kelihatannya ada tersedia beberapa link di internet yang menyediakan versi pdf dari buku ini. Tapi buat saya, membeli buku kertas ada sebuah kepuasan tersendiri pada saat membacanya. Saya mulai melakukan review buku ini, dari beberapa aspek ya.

1. Buku ini ngomongin apa sih ?

Jadi intinya buku ini menjelaskan salah satu keilmuan yang ada dalam ilmu psikologi, yaitu mengenali tipe karakter setiap orang. Dalam penjelasannya buku ini menerangkan ada 9 tipe kepribadian manusia, dimana setiap karakter memiliki keterhubungan dengan karakter lain. Mengenai apa saja 9 tipe kepribadian tersebut, bisa dilihat dari sampul buku yang saya tampilkan diatas.

Buku ini secara singkat merinci bagaimana ciri – ciri pada setiap tipe kepribadian manusia berdasarkan eneagram (eneagram adalah gambar yang dibuat untuk merepresentasikan 9 karakter tersebut). Di dalamnya juga terdapat rincian bagaimana tipe karakter lain akan ikut mempengaruhi karakter lain dalam situasi dan kondisi tertentu.

Menurut saya buku ini ditujukan untuk mengenali diri sendiri, ada di tipe apa sebenarnya kita dan bagaimana keadaan kita ketika merasa nyaman maupun tertekan. Anda boleh juga melakukan penilaian untuk teman dekat dan kolega anda dengan eneagram ini, namun tidak disarankan untuk mengemukakannya terhadap orang lain.

2. Kuisioner Setiap Bab

Seperti diawal sudah saya sebutkan, buku ini adalah buku psikologi. Dan seperti umumnya buku buku psikologi lainnya, bahwa psikologi erat kaitannya dengan bagaimana mengenali kepribadian seseorang. Buku ini juga menyajikan kuisioner dalam setiap babnya, dimana pembaca akan diminta untuk mengisi pertanyaan dengan jawaban yang menurut anda paling berkesesuaian dengan kepribadian anda (jadi bukan jawaban benar atau salah seperti matematika ya :) ).

Dengan mengisi kuisioner tersebut, anda akan merasa di tipe mana anda berada. Yang saya rasakan pada saat membaca buku ini, terlebih pada saat mengisi kuisioner di awal setiap babnya adalah saya sering kali tertawa sendiri karena merasa tersindir, dalam batin saya berkata “iya nih gue banget” :) . Rasanya anda harus segera membaca buku ini, jika ingin mengenali lebih dalam kepribadian diri anda sendiri.

2. Penjelasan Setiap Bab

Penjelasan setiap bab dalam buku ini menurut saya cukup simple, tidak bertele – tele. Setiap bab diawali dengan karikatur yang menggambarkan seperti apa sih tipe kepribadian yang sedang dibahas. Selain itu juga dipaparkan kelebihan dan kekurangan masing – masing tipe kepribadian. Sekali lagi, dibagian ini saya sering terpingkal – pingkal karena merasa tersindir.

Selanjutnya juga dibahas bagaimana seseorang ketika merasa nyaman dia akan menuju kepada kepribadian tipe lain, begitu juga pada saat ketika tertekan akan menuju kepada tipe kepribadian lain. Dan yang tidak kalah penting dibagian akhir setiap bab pada buku ini adalah disajikan saran untuk orang dengan tipe tersebut. Saran ini mengajak agar kita tetap bersyukur atas karunia Allah dengan kepribadian tersebut, dan menyiasati kekurangan pada tipe kepribadian yang kita miliki dengan cara – cara yang menyenangkan.

buku_eneagram_cover_belakang

Walhasil buku ini sangat bermanfaat bagi saya untuk mengenali lebih dalam tentang kepribadian saya sendiri dan telah menemani perjalanan saya selama perjalanan kereta. Dan buku ini sukses membuat saya lebih mengenal diri sendiri dan orang – orang yang terdekat di sekeliling saya. Happy Reading ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>